Santo Bulan Januari

SANTO-SANTA BULAN JANUARI

SANTO-SANTA BULAN JANUARI

Santo Santa 1 Januari

Yesus dari Nazaret: Oktaf Natal

Delapan hari setelah kelahiran-nya, Kanak-kanak Yesus disunat sesuai aturan hukum Taurat Musa (Im 12:3: Luk 2:21; Kis 7:8; Flp 3:5), dan diberi nama Yesus (Yun.: Iesous; Ibr.: Yesyua, Yehosyua, yang berarti “Yahweh menyelamatkan”.

Lihat Selengkapnya  Yesus dari Nazaret: Oktaf Natal

Hari Raya Santa Perawan Maria, Bunda Allah

Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah mengingatkan kita akan bidaah (ajaran sesat) tentang Kebundaan Illahi Maria, yang muncul pada abad ke 5. Pokok ajaran bidaah ini ialah bahwa Maria memang Bunda Yesus, tetapi bukan Bunda Allah.

Lihat selengkapnya Hari Raya Santa Perawan Maria, Bunda Allah

Perayaan Tahun Baru

Hari ini pun kita memaski Tahun Baru. Dengan hati gembira kita panjatkan puji-syukur ke hadirat Tuhan karena Ia masih memperkenankan kita hidup dan memberi kita kesempatan untuk masuk dalam tahun baru ini. Dengan ini kita tahu bahwa Tuhan senantiasa menyertai kita dan memelihara hidup kita.

Lihat selengkapnya Perayaan Tahun Baru

Santo Almakios atau Telemakus, Biarawan

Almakios adalah seorang biarawan. Tatkala ia mengunjungi kota Roma, ia berusaha menghentikan pertunjukan gladiator yang sering menimbulkan korban jiwa. Dalam usaha ini ia sendiri akhirnya terbunuh.

Lihat selengkapnya Santo Almakios atau Telemakus, Biarawan

Santo Santa 2 Januari

Santo Basilius Agung, Uskup, Pengaku Iman dan Pujangga Gereja

Basilius Agung lahir pada tahun 329 di Kaesarea, ibukota Propinsi Kapadokia di Asia Kecil. Ia berasal dari keluarga Kristen yang saleh. Kedua orangtuanya yaitu Basilius Tua dan Emmelia beserta neneknya Makrina Tua diakui dan dihormati Gereja sebagai orang Kudus. Demikia pula

Lihat Selengkapnya Santo Basilius Agung, Uskup, Pengaku Iman dan Pujangga Gereja

Santo Gregorius dari Nazianze, Uskup, Pengaku Iman dan Pujangga Gereja

Keluarga Gregorius adalah keluarga yang saleh dan diberkati oleh Tuhan. Ibunya beserta kedua adiknya: Gorgonia dan Caesarius juga diakui Gereja sebagai orang Kudus.

Lihat selengkapnya Santo Gregorius dari Nazianze, Uskup, Pengaku Iman dan Pujangga Gereja

Santo Santa 3 Januari

Pesta Nama Yesus Yang Tersuci

Yesus yang berarti "Penyelamat". Nama ini diberitahukan kepada Maria oleh malaikat Gabriel: "Jangan takut hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki - laki dan

Lihat Selengkapnya Pesta Nama Yesus Yang Tersuci

Santo Anterus, Paus dan Martir

Santo Anterus (lahir di Yunani) adalah seorang Paus, pemimpin Gereja Katholik Roma, uskup Roma dari 21 November 235 hingga 3 Januari 236. Ia menggantikan Paus Pontianus yang dibuang ke Sardinia oleh kekaisaran Romawi.

Lihat selengkapnya Santo Anterus, Paus dan Martir

Santo Fulgensius, Uskup dan Pengaku Iman

Sebagai seorang warga negara yang baik, Fulgensius rela mengabdikan dirinya bagi kepentingan bangsa dan tanah airnya. Ia menjadi seorang pengawal pemerintah di kota Kartago pada dinas perpajakan. Pekerjaan ini menjemukan dan kerap menimbulkan pergolakan batin yang luar biasa.

Lihat selengkapnya Santo Fulgensius, Uskup dan Pengaku Iman

Santo Santa 4 Januari

Beata Elisabeth Bayley Anna Seton, Janda

Elisabeth lahir di New York, Amerika Serikat pada tahun 1774 dari sebuah keluarga Anglikan yang saleh. Beberapa hari setelah kelahirannya, ia dipermandikan di Trinity Church, sebuah gereja Anglikan di New York. Ayahnya adalah seorang dokter. Tatkala berumur 3 tahun, ibunya

Lihat Selengkapnya Beata Elisabeth Bayley Anna Seton, Janda

Santo Santa 5 Januari

Santo Simeon Stylites Tua, Pertapa

Simeon Stylites Tua lahir di Silicia pada tahun 390. Ia tinggal bersama orang tuanya didaerah pinggiran kota Syria. Ketika menanjak remaja, kira - kira pada tahun 402, ia menjalani kehidupan membiara di sebuah biara pertapaan tidak jauh dari kampung halamannya.

Lihat Selengkapnya Santo Simeon Stylites Tua, Pertapa

Beato Yohanes Nepomuk Neumann, Uskup

Yohanes Nepomuk Neumann lahir tanggal 28 Maret 1811 di desa Prachatitz, Bohemia. Ia belajar di Prachatitz dan Budweis. Cara hidup keluarga yang saleh dan taat agama membuat dia tertarik pada cara hidup seorang imam.

Lihat selengkapnya Beato Yohanes Nepomuk Neumann, Uskup

Santo Santa 6 januari

Kaspar, Melkior dan Balthasar, Tiga Raja

Peristiwa kelahiran Yesus dilukiskan dengan berbagai cerita manarik. Salah satu cerita itu adalah kisah kunjungan orang - orang Majus dari Timur ke Betlehem dalam Injil Mat 2:1-18. Mulanya istilah Majus (dari kata Magus) dikenakan pada sekelompok imam yang dikenal

Lihat Selengkapnya Kaspar, Melkior dan Balthasar, Tiga Raja

Santo Santa 7 Januari

Santo Raymundus Penafort, Uskup dan Pengaku Iman

Pada tahun 1175, keluarga Penafort dianugerahi seorang putera. Sang bayi ini segera dipermandikan dan diberi nama Raymundus. Oleh oran tuanya, ia dididik dan dibesarkan dalam keluhuran iman Katolik dan dalam ilmu pengetahuan. Semenjak kecilnya, Raymundus

Lihat Selengkapnya Santo Raymundus Penafort, Uskup dan Pengaku Iman

Santo Lusianus, Martir

Lusianus berkebangsaan Syria dan lahir di kota Samosata. Ia merupakan seorang ahli sastra. Keahlian ini mewarnai seluruh karyanya sebagai seorang imam. Minatnya terpusat seluruhnya pada pendidikan agama dan penerjemahan Kitab Suci.

Lihat selengkapnya Santo Lusianus, Martir

Santo Santa 8 Januari

Santo Severinus, Paus

Severinus anak Abienus yang berasal dari Roma. Pada bulan Oktober 638, ia dipilih menjadi Paus. Tetapi peneguhan kePausannya di tunda selama 19 tahun, karena ia dituduh menganut aliran sesat Ecthesis, yang mempertahankan pendapat bahwa Kristus hanya memiliki satu

Lihat Selengkapnya Santo Severinus, Paus

Santo Lusianus Beauvais, Martir

Lusianus adalah pewarta Injil yang terkenal di Gaul (sekarang Prancis), pada abad ketiga. Ia datang dari Roma dan kemungkinan beliau adalah seorang teman Santo Dionisius dari Paris atau teman Santo Quentinus.

Lihat selengkapnya Santo Lusianus Beauvais, Martir

Apolinaris dari Hieropolis

Serangan terhadap iman Kristen dan semua ajarannya merupakan sebuah kenyataan yang dihadapi gereja semenjak dulu.

Lihat selengkapnya Apolinaris dari Hieropolis

Santo Apollinaris, Martir

Apollinaris adalah martir abad pertama dan uskup pertama Ravenna, Italia. Konon, ia lahir di Antiokia dan di tabhiskan menjadi Uskup Ravenna oleh Santo Petrus Rasul. Namun hal ini agak diragukan kebenarannya.

Lihat selengkapnya Santo Apollinaris, Martir

Santo Santa 9 Januari

Santo Andreas Korsini, Uskup dan Pengaku Iman

Andreas Korsini lahir pada tanggal 30 November 1302 di Florence, Italia, dari sebuah keluarga yang kaya raya. Ia ditabhiskan menjadi imam dalam ordo Karmelit pada tahun 1328. Pada tahun 1322, ia diangkat menjadi pemimpin sebuah biara Karmelit di Florence dan pada

Lihat Selengkapnya Santo Andreas Korsini, Uskup dan Pengaku Iman

Santa Marsiana, Martir

Meskipun Marsiana adalah seorang wanita, namun ia terkenal sebagai seorang pahlawan iman yang gigih mempertahankan ajaran iman Gereja. Ia lahir di Rusuccur, sebuah desa di kepulauan Mauritania.

Lihat selengkapnya Santa Marsiana, Martir

Santo Santa 10 Januari

Santo Gregorius X, Paus dan Martir

Gregorius X, nama kePausan dari Teobaldo Visconti, lahir di Piacenza, Italia pada tahun 1210. Ia terpilih sebagai Paus menggantikan Paus Klemens IV(1265-1268), tatkala ia sedang berada di Tanah Suci dalam suatu perjalanan misi yang penting.

Lihat Selengkapnya Santo Gregorius X, Paus dan Martir

Santo Agatho, Paus dan Pengaku Iman

Kisah masa kecil Agatho tidak banyak diketahui. Demikian pula tanggal dan tempat kelahirannya. Dari nenek moyangnya yang berasal dari Yunani, Agatho dikenal sebagai pemuda berdarah Yunani.

Lihat selengkapnya Santo Agatho, Paus dan Pengaku Iman

Santo Petrus Orseola, Pengaku Iman

Petrus lahir di pada tahun 928 di Venesia. Ia dikenal sebagai komandan angkatan laut yang berhasil menghancurkan para pembajak Laut dan menjadi kepala Negara (= Doge) Republik Venesia.

Lihat selengkapnya Santo Petrus Orseola, Pengaku Iman

Santo Santa 11 Januari

Santo Aleksander, Paus dan Martir

Aleksander I adalah Paus kelima dan seorang martir abad kedua. Sebagai Paus, ALeksander I juga adalah Uskup Roma dari tahun 105-115. Menurut Buku KePausan (Liber Pontificalis), Aleksander I adalah warga kota Roma yang lahir dan mati pada masa pemerintahan Kaisar

Lihat Selengkapnya Santo Aleksander, Paus dan Martir

Santo Teodosius Cenobiarch, Pengaku Iman

Teodosius lahir di Kapadokia, Asia Kecil pada tahun 423. Ia mengabdikan diri pada cara hidup yang menghargai kesunyian.

Lihat selengkapnya Santo Teodosius Cenobiarch, Pengaku Iman

Santo Petrus Balsamus, Martir

Balsamus adalah seorang pemuda Yudea, Palestina. Ia diterima kedalam pangkuan Gereja Katolik dan dipermandikan dengan nama Petrus sebagai tanda penghormatannya kepada rasul Petrus, ketua para rasul yang diangkat Yesus sebagai pemimpin Gereja yang pertama, dan sebagai ungkapan untuk mengikuti jejak Petrus.

Lihat selengkapnya Santo Petrus Balsamus, Martir

Santo Santa 12 Januari

Santa Hilda, Abbas

Hilda lahir pada tahun 617 dari sebuah keluarga Anglo-Saxon yang terhormat. Ia bertobat menjadi Kristen ketika ia berumur kira - kira 13 tahun. Tak lama kemudian, ia menjadi seorang biarawati di biara NOrthumbria, di lembah sungai Wear.

Lihat Selengkapnya Santa Hilda, Abbas

Santo Modestus, Uskup dan Abbas

Modestus yang berarti Sopan dan sederhana, adalah bekas Abbas dan Uskup di Yerusalem

Lihat selengkapnya Santo Modestus, Uskup dan Abbas

Santo Elred/Aelredus OSA, Abbas

Elred hidup antara tahun 1109-1167. Ia dikenal sebagai kepala Istana raja David dari Skotlandia.

Lihat selengkapnyaSanto Elred/Aelredus OSA, Abbas

Santo Santa 13 Januari

Santo Hilarius, Uskup dan Pujangga Gereja

Hilarius lahir di Gallia Selatan (sekarang Prancis). Semenjak kecil, ia dididik dengan tata cara kekafiran yang tidak mengenal adat istiadat Kristen. Pada usia setengah baya, ia bertobat dan masuk ke pangkuan Gereja Kudus bersama anak dan istrinya, berkat kebiasaannya membawa

Lihat Selengkapnya Santo Hilarius, Uskup dan Pujangga Gereja

Santo Santa 14 Januari

Santo Feliks dari Nola, Martir

Feliks lahir di Nola, Italia Selatan. Hari kelahirannya tidak diketahui dengan pasti. Ia mengabdikan seluruh hidupnya dalam karya cinta kasih kepada orang - orang miskin yang ada di kotanya.

Lihat Selengkapnya Santo Feliks dari Nola, Martir

Santa Makrina Tua, Pengaku Iman

Makrina hidup suci bersama suaminya. Selama 7 tahun ia diasingkan selama masa penganiayaan di masa pemerintahan Kaisar Diokletianus.

Lihat selengkapnya Santa Makrina Tua, Pengaku Iman

Santo Sava, Uskup dan Pengaku Iman

Sava lahir pada tahun 1174, Sava adalah putera Raja Stefanus I, pendiri dynasti Nemanyich dan peletak dasar - dasar bagi kemerdekaan bagi negara Serbia. Sava kemudian menjadi Uskup Agung SErbia pertama, sekaligus peletak dasar dan pemula hirarki Serbia. Bersama dengan para rahibnya, ia berhasil mengkonsolidasikan bangsa Serbia.

Lihat selengkapnya Santo Sava, Uskup dan Pengaku Iman

Santo Santa 15 Januari

Beato Arnold Janssen, Imam

Arnold Janssen adalah seorang imam berkebangsaan Jerman, pendiri dan pemimpin umum serikat Sabda Allah. Ia lahir di Goch, Jerman pada tahun 1837 dan meninggal dunia pada tahun 1909 di Steijl, Belanda.

Lihat Selengkapnya Beato Arnold Janssen, Imam

Santo Maurus dan Plasidus dkk, Martir

Santo Benediktus sungguh harum namanya di seluruh Italia. Ia tinggal di Subiako. Banyak keluarga terkemuka di Italia menyerahkan anak - anaknya untuk dididik oleh Santo Benediktus.

Lihat selengkapnya Santo Maurus dan Plasidus dkk, Martir

Santo Paulus, Pertapa

Paulus berasal dari Mesir. Semenjak berumur 15tahun,ia menjadi anak piatu. Meskipun demikian, ia memperoleh pendidikan agama yang baik dan benar. Ketika terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen pada tahun 250, ia menyembunyikan diri di rumah seorang kawannya. Tetapi ia pun akhirnya ditangkap dan dihadapkan kedepan pengadilan karena laporan dari seorang kawannya.

Lihat selengkapnya Santo Paulus, Pertapa

Santo Makarius, Pertapa

Makarius meninggalkan kampung halaman dan kedainya lalu pergi kesuatu tempat pertapaan. Maksudnya adalah untuk lebih memusatkan perhatiannya pada doa, guna memperoleh kekuatan rahmat Allah agar tidak terus menerus jatuh kedalam dosa. Ia sering berdoa dan berjaga sepanjang malam.

Lihat selengkapnya Santo Makarius, Pertapa

Santo Santa 16 Januari

Santa Priscila

Priscila dikenal sebagai seorang gadis Romawi. Ia juga dikenal sebagai pendiri salah satu katakombe tertua di Roma, yakni Katakombe Santa Priscila, di jalan Salaria, Roma.

Lihat Selengkapnya Santa Priscila

Santo Marsellus I, Paus dan Martir

Marsellus menjadi Paus pada tahun 308-309. ia ditetapkan oleh gereja sebagai Martir. Tempat dan hari kelahirannya serta kisah masa mudanya tidak diketahui dengan pasti. Meskipun demikian ia dikenal sebagai seorang imam dalam masa kePausan Santo Marselinus I (296-304).

Lihat selengkapnya Santo Marsellus I, Paus dan Martir

Santo Honoratus, Uskup dan Pengaku Iman

Sepulang dari berziarah, Honoratus memilih tinggal di pulau terpencil di Perancis Selatan. Disitu ia mendirikan biara Lerin yang termasyur, karena sebagian besar biarawannya adalah cendekiawan.

Lihat selengkapnya Santo Honoratus, Uskup dan Pengaku Iman

Santo Santa 17 Januari

Santo Antonius Abbas

Hidup dari tahun 250 dan meninggal tahun 356. Antonius seorang pemuda dari Mesir. Antonius seorang pemuda yang kaya raya, karena mendapatkan harta dari orang tuanya, yang meninggal pada saat Antonius berumur 20 tahun.

Lihat Selengkapnya Santo Antonius Abbas

Beata Rosaline Villeneuve, Pengaku Iman

Rosaline adalah seoarang suster adari biara Kartusian. Selama hidupnya Rosaline mendapakan begitu banyak halangan dari keluarganya untuk dapat mengabdikan dirinya kepada Tuhan.

Lihat selengkapnya Beata Rosaline Villeneuve, Pengaku Iman

Santo Sulpisius, Uskup dan Pengaku Iman

Hidup antara tahun 614-647. Sulpisius adalah seorang Uskup Bourges, Prancis yang sangat disegani dan sangat rendah hati dan senantiasa membela rakyat yang ditindas oleh pemerintahnya.

Lihat selengkapnya Santo Sulpisius, Uskup dan Pengaku Iman

Santo Santa 18 Januari

Santa Priska, Perawan Dan Martir

Priska pada saat umur 13 tahun ditangkap oleh serdadu-serdadu Kaisar Klaudius, lalu dipenggal kepalanya karena dengan tegas mempertahankan imannya. Priska dihormati sebagai perawan dan martir di kalangan umat Kristen Roma. Jenazahnya dikuburkan di

Lihat Selengkapnya Santa Priska, Perawan Dan Martir

Santa Margaretha dari Hunggaria, pengaku Iman

Lahir pada tahun 1242 dan meninggal pada 18 Januari 1270.Sebagai Puteri raja Bela IV dari Hunggaria dan keponakan Santa Elisabeth dari Hunggaria. Semenjak dalam kandungan orang tuanya,

Lihat selengkapnya Santa Margaretha dari Hunggaria, pengaku Iman

Santo Santa 19 Januari

Santo Marius, Martir

Hidup sebagai seorang Bangsawan kaya dari Persia. Mempunyai 2 orang anak yang bernama Audifax dan Abakus dari istrinya yang bernama Martha. Ia dating ke roma untuk berziarah di pusat Gereja Kristus dan makam para martir. Pada saat kedatangannya itu juga terjadi

Lihat Selengkapnya Santo Marius, Martir

Santo Gerlakus, pengaku Iman

Gerlakus diantara orang Kudus menjalani hidupnya sebagai perwira. Ia lahir tahun 1100 daerah Limbur selatan dan meninggal pada 5 Januari 1172. Gerlakus selama hidupnya selalu membela kebenaran dan keadilan. Sebagai penrwira yang tangkas dalam bermain pedang dimedan perang, sehingga ia dikenal sebagai Ksatria gagah berani yang tidak takut kepada siapapun.

Lihat selengkapnya Santo Gerlakus, pengaku Iman

Santo Gottfried atau Geoffrey, pengaku Iman

Hidup dari tahun 1097 sampai dengan tahun 1127. Gottfried karena tertarik pada cita-cita kemiskinan Santo Norbertus, maka ia mengubah istananya di Cappenberg, Jerman menjadi suatu biara.

Lihat selengkapnya Santo Gottfried atau Geoffrey, pengaku Iman

Santo Santa 20 Januari

Santo Fabianus, Paus

Fabianus menjadi Paus pada tanggal 10 Januari 136 dan meninggal pada tanggal 20 Januari 250. Ia menggantikan Paus Anterus (235-236). Ia berasal dari kota Roma. Pada masa kePausannya Gereja mengalami suatu periode yang amat nyaman tentram dari penganiayaan

Lihat Selengkapnya Santo Fabianus, Paus

Sebastianus, Martir

Sebastianus dibesarkan di kota Milano, Italia. Ia hidup pada awalnya sebagai perwira di angkatan bersenjata Romawi. Tujuan utamanya adalah lebih bisa dekat dengan orang-orang Kristen yang dianiaya, dimana Ia inging menghibur dan meneguhkan mereka.

Lihat selengkapnya Sebastianus, Martir

Santo Euitimos Agung, Pengaku Iman

Eutimos hidup sebagai misionaris dan dikenal luas didaerah Arab dan badui. Hidup antara tahun 377-473, Ia adalah imam dari Armenia dan tinggal di gua-gua daeraha Palestina.

Lihat selengkapnya Santo Euitimos Agung, Pengaku Iman

Santo Santa 21 Januari

Santa Agnes, Perawan dan Martir

Agnes hidup tahun 291-304. Ia terkenal sangat cantik dan simpatik. Tidaklah mengherankan bila banyak pemuda yang jatuh hati padanya dan bertekad mengawininya. Tetapi apa yang dialami pemuda pemuda itu? Mereka menyesal, kecewa bahkan marah karena lamaran mereka

Lihat Selengkapnya Santa Agnes, Perawan dan Martir

Santo Fruktuosus, dkk: Augurius dan Eulogius, martir

Fruktuosus adalah Uskup Tarragona, Spanyol. Pada suatu hari minggu di tahun 259. Beberapa tentara Romawi memanggilnya bersama Augurius dan Eulogius, kedua diakonnya untuk menghadap pengadilan kaisar. Mereka selanjutnya dipenjarakan. Kejadian ini menggemparkan seluruh umat.

Lihat selengkapnya Santo Fruktuosus, dkk: Augurius dan Eulogius, martir

Santo Santa 22 Januari

Santo Vinsensius Palloti, Pengaku Iman

Vinsensius lahir pada tanggal 21 April 1795. Meskipun kesehatannya sering terganggu dan banyak kesempatan tersedia baginya untuk menjadi orang penting dalam masyarakat, namun imamat menjadi satu-satunya cita-cita dan pilihan hidupnya.

Lihat Selengkapnya Santo Vinsensius Palloti, Pengaku Iman

Santo Anastasius, Martir

Anastasius berasal dari negeri Parsi. Semenjak mudanya ia menjalani hidup sebagai prajurit dalam dinas militer raja Parsi. Raja Parsi inilah yang merebut Yerusalem pada tahun 614, dan merampas Salib Suci dan membawanya ke negeri Parsi.

Lihat selengkapnya Santo Anastasius, Martir

Santo Santa 23 Januari

Santo Ildephonsus, Uskup dan Pengaku Iman

Sebagai seorang pemuda turunan bangsawan, Ildephonsus memiliki banyak harta kekayaan dan dihormati masyarakat. Kehidupannya dihiasi dengan kesenangan-kesenangan duniawi bersama dengan kawan-kawannya. Meskipun demikian, Tuhan mempunyai suatu rencana

Lihat Selengkapnya Santo Ildephonsus, Uskup dan Pengaku Iman

Santa Emerensiana, Martir

Emerensiana adalah saudara angkat Santa Agnes. Menurut cerita rakyat, Emerensiana dirajam dengan batu hingga mati ketika ia sedang berdoa di makam Santa Agnes, dua hari setelah wafatnya.

Lihat selengkapnya Santa Emerensiana, Martir

Yohanes Penderma, Pengaku Iman

Jika kita yang hina dan tidak layak ini, memohon bantuan Tuhan siang dan malam, kiranya perlu juga kita bersedia mendengarkan dan mengabulkan permintaan sesama saudara kita. Inilah pikiran dasar yang menjadi motto hidup Yohanes Penderma. Motto ini sungguh mewarnai seluruh hidup dan pelayannya kepada umat.

Lihat selengkapnya Yohanes Penderma, Pengaku Iman

Santa Martina, Martir

Martina dikenal sebagai putri bangsawan Romawi yang kaya raya. Hari kelahirannya dan kematiannya tidak diketahui dengan pasti. Yang diketahui tentang dirinya adalah bahwa ia adalah seorang wanita dermawan yang membagi-bagikan harta warisan orang tuanya kepada fakir miskin.

Lihat selengkapnya Santa Martina, Martir

Beato Henrikus Suso OP, Pengaku Iman

Terlahir di Konstance, Swiss pada tanggal 21 Maret 1295 dengan nama Hendry von Berg. Kemudian ia lebih suka mengenakan nama ibunya Suso. Henrikus meninggal pada tanggal 25 Januari 1366 di Ulm, Jerman.

Lihat selengkapnya Beato Henrikus Suso OP, Pengaku Iman

Santo Santa 24 Januari

Santo Felisianus dan Primus, Martir

Riwayat hidup santo Felisianus dan Primus tidak banyak diketahui. Yang diketahui bahwa keduanya adalah saudara kandung. Sebagai seorang Kristen, kedua bersaudara ini sangat rajin menjalankan kewajiban imannya. Karena hal ini mereka ditangkap dan dibuang ke tengah-

Lihat Selengkapnya Santo Felisianus dan Primus, Martir

Santo Fransiskus dari Sales, Uskup dan Pujangga Gereja

Fransiskus lahir di Spanyol pada tanggal 21 Agustus 1567. Semenjak kecil ia sudah menunjukkan bakat-bakat yang luar biasa. Hal ini kemudian terlihat dalam hasil studinya di sekolah. Pendidikan Filsafat dan sastra di Universitas Paris diselesaikannya dengan gemilang. Setelah itu, ia melanjutkan studi di bidang hukum di Universitas Padua hingga meraih gelar Doktor.

Lihat selengkapnya Santo Fransiskus dari Sales, Uskup dan Pujangga Gereja

Santo Santa 25 Januari

Pertobatan Santo Paulus, Rasul

Aku inilah yang paling hina diantara semua rasul, sebab aku telah menganiaya umat Allah. Tetapi karena kasih karunia Allah, aku adalah sebagaimana aku sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras

Lihat Selengkapnya Pertobatan Santo Paulus, Rasul

Santo Santa 26 Januari

Santo Timotius dan Titus, Uskup

Timotius dikenal sebagai rekan kerja dan pendamping terpercaya dari Santo Paulus dalam perjalanan-perjalanan misinya. Ia (kemungkinan) lahir di Lystra, sebuah kota di Asia Kecil. Ayahnya kafir, sedangkan ibunya beragama Yahudi. Bersama ibunya, Eunike dan neneknya Lois,

Lihat Selengkapnya Santo Timotius dan Titus, Uskup

Santa Paula, Janda

Paula dikenal sebagai seorang wanita bangsawan Romawi. Sebagai seorang ibu rumah tangga, ia menjalankan kewajiban dengan penuh semangat cinta kasih. Kecuali itu, ia mengisi hari-hari hidupnya dengan suatu hidup yang saleh di hadapan Tuhan.

Lihat selengkapnya Santa Paula, Janda

Santo Stefanus Harding, Pengaku Iman

Stefanus Harding lahir di tahun 1048. Pada masa mudanya ia memperoleh pendidikan di biara Sherborne di Dorsetshire. Kemudian sebagai seorang awam ia berziarah ke Roma. Dalam perjalanannya kembali, ia singgah di pertapaan Molesmes, di hutan belantara Burgundy, Prancis. Disana ia meminta bergabung dengan rahib-rahib yang tinggal di pertapaan itu.

Lihat selengkapnya Santo Stefanus Harding, Pengaku Iman

Santo Robertus Molesmes dkk: Alberik dan Stephan Harding, Pengaku Iman

Robertus Molesmes terkenal sebagai pendiri ordo Cistersian. Ia lahir sekitar tahun 1024 di Champagne, Prancis. Ketika berusia 15 tahun, ia masuk Ordo Benediktin di Biara Moutier Lacelle, dekat Troyes. Sebagai seorang pemuda yang luar biasa, ia diangkat menjadi pemimpin biara sesudah menyelesaikan novisiatnya.

Lihat selengkapnya Santo Robertus Molesmes dkk: Alberik dan Stephan Harding, Pengaku Iman

Santo Santa 27 Januari

Santa Angela Merici, Perawan

Angela Merici lahir di Desenzano del Garda, Lombardia, Italia Utara pada tanggal 21 Maret 1474. Sepeninggal ibunya, Angela bersama kakaknya dipelihara oleh pamannya. Ketika itu Angela berumur 10 tahun. Bimbingan pamannya berhasil membuat Angela dan kakaknya

Lihat Selengkapnya Santa Angela Merici, Perawan

Santo Santa 28 Januari

Santo Thomas dari Aquino, Imam dan Pujangga Gereja

Thomas lahir di Aquino, dekat Monte Cassino, Italia pada tahun 1225. Keluarganya adalah sebuah keluarga bangsawan yang kaya raya. Ayahnya adalah Pangeran Landulph, berasal dari Aquino, sedang ibunya adalah Theodors, adalah putri bangsawan dari Teano.

Lihat Selengkapnya Santo Thomas dari Aquino, Imam dan Pujangga Gereja

Santo Karolus Agung, Raja dan Pengaku Iman

Karolus hidup antara tahun 742 - 814. Ia dikenal sebagai seorang negarawan dan kaisar Fraken yang gigih membela kePausan.

Lihat selengkapnya Santo Karolus Agung, Raja dan Pengaku Iman

Santo Petrus Nolaskus, Pengaku Iman

Petrus lahir tahun 1182 dari keluarga bangsawan Nolasco. Menjelang umur 25 tahun, ia dipaksa menikahi gadis pilihan orang tuanya namun dengan tegas ia menolak paksaan itu karena ia sudah menjanjikan kemurnian dirinya dan mempercayakan segala harta miliknya kepada Tuhan

Lihat selengkapnya Santo Petrus Nolaskus, Pengaku Iman

Manfredus, Pengaku Iman

Manfredus gemar membaca riwayat hidup para pertapa dan rahib, sehingga sesudah ditabhiskan menjadi imam dengan berkat uskupnya ia menjadi pertapa di sebuah gua di pegunungan Alpen.

Lihat selengkapnya Manfredus, Pengaku Iman

Santo Santa 29 Januari

Santo Gildas Yang Bijaksana, Pengaku Iman

Gildas terkenal di daerah Celtic selama abad keenam. Ia mempunyai suatu pengaruh yang besar dan tetap terhadap perkembangan kehidupan monastik di daerah Irlandia.

Lihat Selengkapnya Santo Gildas Yang Bijaksana, Pengaku Iman

Beato Joseph Freinademetz, Imam

Freinademetz lahir pada tanggal 15 April 1852 di Abtei, Tyrol Selatan, sebuah daerah di lembah pegunungan Alpen. Semenjak kecil, ia bercita cita menjadi iman. Kedua orangtuanya merestui cita citanya yang luhur itu. Maka ia masuk seminari untuk mengikuti pendidikan imamat. Ia berhasil meraih cita cita tatkala ia di tabhiskan imam di Brixen pada tanggal 25 Juli 1875.

Lihat selengkapnya Beato Joseph Freinademetz, Imam

Santo Santa 30 Januari

Santo Gerardus, Pengaku Iman

Gerardus adalah kakak Santo Bernadus. Ia mula-mula tidak mau masuk biara. Tetapi setelah terluka dalam perang, ditawan dan secara ajaib dibebaskan, ia mengikuti adiknya dalam kehidupan membiara dalam pertapaan yang menganut aturan keras. Ia meninggal dunia pada

Lihat Selengkapnya Santo Gerardus, Pengaku Iman

Santa Batildis, Pengaku Iman

Ketika masih gadis, ia dijual kepada seorang pejabat istana, tetapi kemudian ia dinikahi oleh Raja

Lihat selengkapnya Santa Batildis, Pengaku Iman

Santa Maria Ward, Pangaku Iman

Maria Ward hidup antara tahun 1585-1645. Puteri bangsawan Inggris ini berkali kali terpaksa mengungsi karena ingin mengikuti misa Kudus. Sebab perayaan Ekaristi dilarang oleh Ratu Elisabeth.

Lihat selengkapnya Santa Maria Ward, Pangaku Iman

Beato Sebastianus, Imam

Sebastianus berasal dari keluarga miskin. Keluarganya sangat mengharapkan agar ia membantu menghidupi keluarganya. Tetapi cita citanya untuk menjadi seorang imam lebih menggugah dan menarik hatinya daripada keadaan keluarganya yang serba kekurangan itu. Ia masuk seminari dan mengikuti pendidikan imamat.

Lihat selengkapnya Beato Sebastianus, Imam

Santa Hyacintha Mariscotti

Santa Hyacintha lahir pada tahun 1585 dalam keluarga bangsawan Italia yang berkuasa dan kaya-raya. Ayahnya adalah Pangeran Marc Antonio di Mariscotti, sedangkan ibunya berasal dari keluarga bangsawan Orsini dari Roma bernama Ottavia Orsini. Ia dibabtis dengan nama Clarice.

Lihat selengkapnya Santa Hyacintha Mariscotti

Santo Santa 31 Januari

Santa Marcella, Martir

Marcella dikenal sebagai putri bangsawan Romawi yang beragama Kristen. Ia menikah dengan seorang Pangeran Roma. Pernikahan ini tidak berlangsung lama karena suaminya meninggal dunia beberapa bulan kemudian. Pengalaman pahit ini membukakan baginya pintu

Lihat Selengkapnya Santa Marcella, Martir

Santo Yohanes Bosko, Imam

Yohanes Melkior Bosko lahir pada tanggal 16 Agustus 1815 di Becchi, sebuah desa dekat dengan kota Torino, Italia. Ketika menanjak remaja, anak petani yang sederhana ini tidak diperkenankan masuk sekolah oleh orang tuanya karena diharuskan bekerja di ladang. Dalam situasi ini ia diajar oleh seorang imam yang baik hati.

Lihat selengkapnya Santo Yohanes Bosko, Imam

Santo Aidan, Uskup dan Pengaku Iman

Aidan tinggal di sebuah biara di pulau Iona yang didirikan oleh Santo Kolumbanus. Biara inilah yang menghasilkan banyak imam misionaris untuk Skotlandia dan Inggris Utara. Aidan terkenal ketika pada tahun 634 ia diutus sebagai misionaris di Kerajaan Umbria Utara atas permintaan Santo Oswaldus, raja Umbria Utara.

Lihat selengkapnya Santo Aidan, Uskup dan Pengaku Iman

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url